KUMPULAN NASYID SKSR 2010/2011 : SHAUTUL IKHWAN......

Sunday, November 29, 2009



Ibadah kurban dalam ajaran Islam berawal dari peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS. Suatu hari, Nabi Ibrahim AS bermimpi. Dalam mimpinya Allah SWT memerintahkan untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail. Lalu mimpi itu pun diceritakan Nabi Ibrahim kepada putranya, ''...Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu, maka pikirkanlah apa pendapatmu..?'' (QS: as-Saffat:102).

Dengan penuh keikhlasan, Ismail pun menjawab, ''...Wahai Ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepada mu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.'' (QS:as-Saffat:102). Kemudian, Nabi Ibrahim AS membawa Ismail ke suatu tempat yang sepi di Mina. Ismail pun mengajukan tiga syarat kepada sang ayah sebelum menyembelihnya.



Ketika pisau telah diarahkan ke arah leher Ismail, lalu Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba yang besar. Dalam surat as-Saffat ayat 107, ''Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.'' Peristiwa kurban itu kemudian diabadikan oleh Sang Khalik menjadi salah satu unsur syariat Islam, yang dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu di Hari Raya Idul Adha dan tiga hari setelahnya.

Ibadah qurban mulai disyari’atkan pada tahun kedua hijrah, bersamaan dengan pensyari’atan zakat serta shalat Idul Fitri dan Idhul Adha. Perintah menyembelih kurban bagi umat Islam itu tercantum dalam Alquran dan hadis. Berikut ayat-ayat dan hadis yang memerintahkan umat Islam untuk berkurban:

Alquran

* Surah al-Kausar ayat 1-3:
''Sesungguhnya kami telal-Kautsarah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah orang yang terputus.''

* Surat al-Hajj ayat 34:
''Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).''


Hadis

Perintah berkurban:

1.''Barang siapa yang memperoleh suatu kelapangan, tetapi ia tidak berkurban, maka janganlah ia menghampiri tempat shalat kami.'' (HR: Ahmad dan ibnu Majah).
2.''Apabila kelihatan hilal dzulhijjah, sedangkan salah seorang diantara kamu ingin berqurban, maka hendaklah ia menahan diri dari memotong bulu dan kukunya (binatang kurban).'' (HR: berjamaah, kecuali imam Bukhari).
3.''Ada tiga hal yang wajib atasku dan sunah bagimu; shalat witir, menyembelih kurban, dan shalat Duha.'' (HR: Ahmad bin Hambal, al-Hakim dan Daruquthni).

Cara Nabi berkurban:

1.Ibnu Umar berkata, ''Rasulullah SAW dahulu menyembelih kurban di tempat shalat Id.'' (HR: Bukhari).
2.Anas bin Malik berkata,''Dahulu Nabi SAW berkurban dengan dua ekor domba, dan saya juga berkurban dengan dua ekor domba.'' (HR Bukhari).
3.Anas bin Malik berkata, Nabi SAW bersabda pada hari Kurban, ''Siapa yang menyembelih sebelum shalat hendaknya menyembelih lagi, sebab itu adalah sembelihan untuk dirinya sendiri. Dan barangsiapa menyembelih setelah shalat, berarti ibadahnya telah sempurna dan dia telah menjalankan sunnah kaum Muslimin.'' ( HR: Bukhari).
4.Anas, dia berkata, ''Nabi SAW berkurban dua kambing qibas yang bertanduk dan berwarna hitam-putih, keduanya disembelih oleh beliau dengan membaca Bismillah Allahu Akbar, beliau meletakkan kakinya di atas salah satu sisi kambingnya ketika akan menyembelih). (HR Bukhari dan Muslim).

Memakan Daging Kurban

1. Abdullah bin Umar RA berkata: Nabi SAW bersabda, ''Makanlah daging kurban sampai tiga hari.'' Sementara Abdullah bin Umar makan dengan minyak sepulang dari Mina, karena banyaknya daging kurban.'' (HR Bukhari Muslim).
2. Aisyah RA, dia berkata: Dulu kami biasa mengasinkan daging kurban sehingga kami bawa kepada Nabi di Madinah. Tiba-tiba Nabi SAW bersabda, ''Jangan makan daging kurban kecuali hanya tiga hari.''Tetapi larangan ini bukan mengharamkan, melainkan agar banyak orang miskin yang mendapat bagian daripadanya. wallahu a'lam (HR Bukhari dan Muslim).
3. Jabir bin Abdullah RA berkata; Dulu kami tak makan daging kurban lebih dari tiga hari di Mina, kemudian Nabi SAW mengizinkan dalam sabdanya, ''Makanlah dan bekalilah dari daging kurba.'' Maka kami pun makan dan berbekal. (HR Bukhari Muslim).

Keutamaan Berkurban.

1. ''Tidak ada amal keturunan Adam yang lebih disukai Allah pada hari Idhul Adha selain menyembelih kurban. Sesungguhnya binatang itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, dan bulunya. Dan sesungguhnya darah qurban lebih dahulu tercurah karena Allah sebelum ia tercurah ke bumi, yang membuat jiwa menjadi senang.'' (HR: at-Tirmidzi, ibnu Majah dan al-Hakim).

Sumber: Kitab al-Lu'Lu wal Marjan, Ringkasan Sahih Bukhari, Ensiklopedi Islam.

0 comments

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin

SHAUTUL IKHWAN 2010/2011.....

 


Blogger Template By j-QAF SK SUNGAI RENGIT